image

Ketua MPR RI Bamsoet Buka Kejuaraan Nasional Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2024 Putaran 1 di Sentul

Minggu, 03 Maret 2024 19:18 WIB

BOGOR - Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo membuka Kejuaraan Nasional Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2024 putaran 1. Diikuti sekitar 120 pembalap. Antara lain Fitra Eri dari Honda Bandung Center Racing Team yang turun di kelas Kejuaraan Nasional ITCR 1500 kategori Master. Alvin Bahar dari Honda Racing Indonesia yang turun di kelas ITCR 3600 Max. Serta Jordan Johan dan Amato Rudolph dari Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) yang turun di kelas ITCR 1200 Rising Star dan Master.

"ISSOM yang rutin diselenggarakan setiap tahun, selain sebagai pembinaan untuk melahirkan pembalap nasional yang hebat, juga turut menjadikan Sirkuit Internasional Sentul sebagai salah satu sport automotive tourism. Usai mengikuti balapan, para pembalap, mekanik dan official team lainnya bisa menikmati panorama alam Sentul dan Bogor yang asri. Sekaligus menikmati kuliner hingga souvenir khas dari berbagai pelaku UMKM Bogor. Sehingga turut menggerakan perekonomian rakyat," ujar Bamsoet usai membuka ISSOM 2024, di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Minggu (3/3/24).

Turut Hadir antara lain Komisaris Sirkuit Internasional Sentul sekaligus Pembina IMI Pusat Tinton Soeprapto, Direktur Utama Sirkuit Internasional Sentul Didi Hardianto, serta Direktur Niaga Sirkuit Internasional Sentul Lola Moenek, Ketua IMI DKI Jakarta Anondo Eko, dan Ketua IMI Jawa Barat Daniel Mutaqien.

Hadir pula para pengurus IMI Pusat antara lain, Wakil Ketua Umum Olahraga Mobil Ananda Mikola, Wakil Ketua Umum Hubungan Antar Lembaga Junaidi Elvis, Komunikasi dan Media Hasby Zamri, serta Direktur Digital Marketing dan Komunikasi Teuku Sultan Azwar.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, secara keseluruhan, ISSOM 2024 mempertandingkan tiga kelas Kejuaraan Nasional. Antara lain Indonesia Touring Car Race (ITCR) 1500, Super Touring Car Championship (STCR), dan Indonesia Touring Car Race (ITCR) 1200.

"Selain Kejuaraan Nasional, ISSOM 2024 juga mempertandingkan 7 kelas supporting race. Antara lain, Indonesia Classic Car Championship, Mercedes One Make Race Championship, BMWCCI Motorsport Sentul Racing Series, Indonesia Retro Race, Euro Touring Car Race Championship, Honda City Hatchback and Brio Speed Challange, serta Eshark Dapur Cokelat Touring Championship," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum FKPPI dan Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasil serta Kepala Badan Polhukam KADIN Indonesia ini menerangkan, ISSOM 2024 diselenggarakan dalam 6 putaran. Setelah putaran 1 pada 1-3 Maret 2024, putaran 2 akan diselenggarakan pada 21-23 Juni 2024. Putaran 3 pada 23-25 Agustus 2024, putaran 4 pada 27-29 September 2024, putaran 5 pada 25-27 Oktober 2024, dan finalnya putaran 6 pada 29 November - 1 Desember 2024.

"Penyelenggaraan ISSOM 2024 semakin meriah karena pengelola sudah melakukan pengaspalan ulang di beberapa bagian lintasan sirkuit. Pengelola juga menambah berbagai sarana dan prasarana. Antara lain CCTV dengan teknologi terbaru yang bisa memantau secara detail kejadian di lintasan balap, penambahan 1 unit ambulance Toyota Hiace sebagai fasilitas keselamatan bagi pembalap jika mengalami insiden di lintasan balap, safety car, mobil fast doctor, serta mobil COC dengan desain dan unit baru," pungkas Bamsoet. (*)


Anggota Terkait :

Dr. H. BAMBANG SOESATYO, S.E., S.H., M.B.A.