image

Ketua MPR Ucapkan Selamat Bertugas Kepada Dubes Myanmar

Kamis, 01 September 2016 12:50 WIB

Ketua MPR Zulkifli Hasan mengucapkan selamat bertugas di Indonesia kepada Duta Besar Myanmar Aung Htoo. Zulkifli berharap dengan penugasan ini hubungan yang sudah terjalin antara Indonesia dan Myanmar semakin lebih baik lagi.

"Selamat bertugas di Indonesia. Semoga dengan kehadiran yang mulia akan lebih mendekatkan hubungan antar parlemen, antar pemerintah dan antar rakyat Indonesia dan Myanmar," kata Zulkifli Hasan kepada Aung Htoo dalam perkenalan di ruang kerja Ketua MPR, Gedung Nusantara III komplek parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (1/9/2016).

Kedatangan Aung Htoo adalah untuk perkenalan sebagai duta besar Myanmar yang baru bertugas di Indonesia. Pada 31 Mei 2016 Aung Htoo telah menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Joko Widodo sebagai duta besar luar biasa dan berkuasa penuh Republik Myanmar di Indonesia.

Kepada Dubes Myanmar, Zulkifli mengatakan negara Myanmar sahabat dekat Indonesia. "Saya sahabat dekat Myanmar. Myanmar sahabat dekat Indonesia, sahabat sejati. Myanmar sudah mendukung Indonesia sejak kemerdekaan dulu," katanya.

Di mata Zulkifli Hasan, negara Myanmar semakin hari semakin bagus baik kondisi politiknya maupun pembangunannya. "Pembangunan di Myanmar berjalan pesat. Banyak investasi yang masuk ke sana," tutur Zulkifli seraya mengungkapkan dua tahun lalu mengunjungi Myanmar ketika masih menjadi menteri kehutanan.

Myanmar, lanjut Zulkifli, memiliki kayu jati yang berkualitas lebih bagus dari kayu jati Indonesia. Myanmar juga telah lama swasembada beras. Indonesia juga mengimpor beras dari Myanmar.

Sementara itu Dubes Myanmar Aung Htoo mengungkapkan pada tahun ini Myanmar akan mengekspor sebanyak 300 ribu ton beras ke Indonesia. Dia berharap kedua negara bisa meningkatkan hubungan ekonomi dan perdagangan. "Kita bisa meningkatkan kerjasama ekonomi dan perdagangan. Negara kami terbuka untuk investasi dari Indonesia," ujarnya.