image

Prof. Firmanzah: Pemerintah Harus Mengembangkan Koperasi Dan UKM

Rabu, 01 Juli 2015 08:47 WIB

Dalam Dialog 4 Pilar MPR yang disiarkan RRI, 30 Juni 2015, pengamat ekonomi Prof. Firmanzah menuturkan ada 3 aktor pelaku ekonomi yakni negara, swasta, dan koperasi. Kalau sistem ekonomi Indonesia menganut pada azas kekeluargaan maka peran koperasi sangat penting.

Diakui di Indonesia ada ratusan ribu koperasi. Dari ribuan koperasi di antaranya sudah world class. Bila sudah world class maka koperasi itu dari segi gaji dan manajemen sudah sangat proffesional. "Jadi koperasi tak hanya simpan pinjam saja," ujarnya.

Meski demikian Firman tetap mendorong agar peran koperasi dikembangkan oleh pemerintah sebab koperasi yang proffesional hanya ada beberapa saja. "Ini tantangan pemerintah dalam melakukan pemberdayaan koperasi," ujarnya.

Firman menekan hal demikian bila azas kekeluargaan masih dipegang sebagai sistem ekonomi bangsa. Diakui sektor koperasi dan usaha kecil dan menengah (UKM) mempunyai kontribusi yang besar. Kalau negara hadir dalam sektor ini maka sektor ekonomi akan dinikmati oleh rakyat.

Dirinya mendorong agar pemerintah pusat dan daerah harus memberdayakan sektor koperasi dan UKM. Firman Mengakui perguruan tinggi pun juga mempunyai tanggungjawab terhadap keberadaan sektor koperasi dan UKM.

Menurut Rektor Universitas Paramadina itu dalam membangun kita harus berorientasi pada manusia. "Pembangunan tak boleh menyingkirkan manusia," tegasnya. Keberlanjutan pembangunan menurutnya tak hanya pada project namun juga pada manusia.